Hari Air Sedunia PT. Saniharto Enggalhardjo, CDK 2 Jateng dan IARMI Pati Tanam Ratusan Pohon

(Jateng Headline - PATI) Peringatan Hari Air Sedunia 22 Maret 2021, diperingati dengan berbagai cara.  Salah satunya dengan tetap menjaga kelestarian alam, dengan menanam pohon di kawasan pegunungan Muria, Kabupaten Pati Jawa Tengah.

Kali ini yang dipilih adalah tempat wisata air terjun Tretes di Desa Tajungsari Kecamatan Gembong.  Upaya penanaman pohon di lokasi tersebut dilakukan untuk tetap menjaga kemurnian air pegunungan. 

Penanaman pohon tersebut diinisiasi PT. Saniharto Enggalhardjo, Ikatan Alumni Resimen Mahasiswa Indonesia (IARMI) bersama Cabang Dinas Kehutanan (CDK) 2 Jawa Tengah.  



Kepala CDK2 Jateng Puji Harini mengatakan jika menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) musim hujan akan berakhir pada April nanti.  Oleh karena itu pihaknya semaksimal mungkin melakukan penanaman pohon sebanyak-banyaknya.  
 
"Diharpkan nantinya, jika ditanam saat musim hujan maka pohon akan segera tumbuh sebelum memasuki musim kemarau.  Oleh karena itu penanaman pohon ini kami maksimalkan," katanya.
 
Selain itu, diharapkan dengan penanaman pohon ini untuk mereklamasi pohon di pegunungan Muria yang sudah rusak.  Tidak hanya itu, penanaman pohon ini dimaksudkan agar nantinya debit air di kawasan air terjun Tretes tetap terjaga.
 
"Dengan penanaman pohon ini, juga untuk mengantisipasi bencana longsor yang seringkali tidak terduga, akibat banyaknya pohon yang sudah rusak.  Dengan penanaman ini, maka diharapkan bisa mengantisipasi hal itu," terangnya.
 
Sebanyak 438 pohon berupa tanaman buah dan tanaman estetika, ditanam serentak pada hari Hair Sedunia ini.  Peringatan dengan kegiatan nyata ini diharapkan bisa memberi manfaat bagi masyarakat di sekitar lokasi wisata.

Untuk bibit pohon sendiri, Puji menambahkan jika pihaknya memperoleh bantuan dari Corporate Sicial esponcibility (CSR) Industri Kayu PT. Saniarto Enggalharjo Demak. Sementara dalam pelaksanaanya CDK2 dibantu oleh  pegiat lingkungan dari Aliansi Masyarakat pemerhati Lingkungan (Amphibi) Pati.

Sementara Ketua DPD Amphibi Pati Edi iriawan mengungkapkan jika pihaknya bersama anggota  melakukan bersih-bersih sungai di sepanjang air Terjun Tretes, selain melakukan tanam pohon.  
 

 
 
"Kegiatan bersih-bersih sungai ini nantinya agar masyarakat yang berada di bawah bisa memanfaatkan kejernihan air Tretes ini," jelasnya.

Banyaknya sumber air di pegunungan Muria sudah seharusnya tetap dijaga agar bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.  Dengan menanam pohon dan membersihkan sungai dari sampah maka air tersebut bisa dinikmati.  
 
"Kami bertekad untuk selalu menjaga kebersihan dan kejernihan air itu.  Sumber air adalah penghidupan yang harus tetap dipelihara dan dijaga," pungkasnya.(pth)
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar