Lumpia dan Cilok Bandeng Camilan yang Bikin Nagih

(Jateng Headline - KULINER) Musim penghujan,  sepertinya cocok jika menikmati kudapan atau camilan, sambil bercengkerama dengan keluarga. Di Kabupaten Pati  Jawa Tengah,  ada kudapan khas hasil dari inovasi ikan bandeng.

Kudapan ini adalah lumpia dan cilok bandeng,  yang kaya protein. Tentu karena Pati merupakan sentra penghasil ikan bandeng terbesar di Jawa Tengah.

Jika biasanya, ikan bandeng hanya digoreng, dibakar atau dipresto sebagai lauk untuk makan, maka oleh pemilik warung makan Rindang 84 di jalan A. Yani Pati dibuat berbeda. 

 


Ikan bandeng ini diinovasi menjadi kudapan atau camilan berupa cilok dan lumpia. Menurut Hana Tri Wahyuni pemilik Rindang 84 jika dirinya selalu melakukan inovasi kuliner berbahan baku ikan bandeng.

"Sebelumnya sudah banyak yang kami buat seperti bakso, garang asem, nugget, cireng dan lainnya.  Kali ini mencoba menawarkan camilan berupa lumpia dan cilok dari bandeng," jelasnya.

Ternyata lumpia dan cilok bandeng ini banyak yang tertarik, sehingga ketika ada pengunjung yang datang tidak hanya makan ikan bandeng dan nasi saja, namun juga memesan camilan itu.

"Selain lumpia dan cilok matang, kami juga menyediakan dalam bentuk mentah dalam kemasan yang bisa dijadikan sebagai oleh-oleh.  Jika sampai rumah tinggal menggorengnya," tambah Hana.

Cara membuatnya juga cukup mudah, tetapi jangan lupa  ikan bandeng hanya diambil dagingnya, dengan cara dikerok memakai sendok dan dihilangkan durinya. Jika sudah selesai,  kemudian dicampur dengan adonan cilok yang terdiri dari tepung terigu, telur serta bumbu rempah lainnya. 

"Adonan ini diaduk hingga merata,  hingga bisa dibentuk menjadi bulatan seperti telur. Jika sudah selesai,  cilok yg masih mentah ini siap dimasak dengan air mendidih dan ditunggu hingga matang," terangnya.

Selanjutnya, jika cilok sudah matang maka bisa siap untuk disajikan. Menyantap cilok bandeng ini seyogyanya jika masih hangat.

Sedangkan untuk membuat lumpia juga hampir sama, ambil daging ikan bandeng saja. Jika biasanya lumpia berisi rebung dan daging ayam, kali ini berbeda karena diisi dengan sayuran berupa wortel, daun bawang dan pastinya daging ikan bandeng. Eits jangan lupa siapkan dulu kulit lumpianya, sebagai pembungkusnya.

"Semua dicampur menjadi satu dan digoreng hingga matang. Jika selesai, lumpia bandeng siap dibentuk satu persatu dan digoreng. Lmpia bandeng kini siap disajikan selagi masih hangat," imbuhnya.


 

Penikmat kuliner di Pati, Novi Oktaviani bahkan baru tahu  jika ada kedai yang menjajakan cilok dan lumpia bandeng ini.  Novi kaget dengan enaknya cilok dan lumpia bandeng ini. Dirinya mengaku baru kali ini mencicipi cilok dan lumpia bandeng ini. 

"Sebelumnya belum pernah makan cilok dan lumpia bandeng ini.  Kalau cilok dan lumpia biasa sering makan. Ternyata enak sekali dan tidak ada bau amisnya," katnya.

Novi bahkan habis cilok bandeng satu porsi dan lumpia bandeng juga satu porsi.  Ternyata camilan tersebut sangat menarik untuk dicicipi.

"Selesai makan cilok dan lumpia bandeng, saya membawa pulang yang mentah dalam kemasan untuk oleh-oleh yang di rumah.  Sampai di rumah tinggal 

Kandungan protein yang tinggi dalam ikan bandeng, bagus dikonsumsi untuk anak-anak hingga orang tua.  Harganyapun sangat terjangkau kantong. Tidak hanya cilok dan lumpia bandeng siap saji saja, namun dalam bentuk kemasan mentah pun ada dan bisa untuk oleh-oleh. 


tonton videonya di youtube : https://www.youtube.com/watch?v=LzEL6dzxU7k

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar