Pipa Air PDAM Tirta Bening Jebol Genangi Jalan

(Jateng Headline - PATI)  Sambungan pipa aliran air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Bening mengalami kecoboran di sebelah timur tugu bambu runcing atau tepat di pertigaan Wedarijaksa, Kabupaten Pati Jawa Tengah, Sabtu (24/7/2021). 


 

Air yang keluar dari pipa pun cukup besar hingga meluber ke jalan hingga aspalnya mengelupas.  Bahkan warung yang berdekatan dengan pipa yang bocor tersebut, halamannya dipenuhi dengan genangan air. 

Direktur PDAM Tirta Bening Bambang Soemantri mengatakan, bocornya pipa sambungan tersebut dimungkinkan karena tekanan dari tanah. Sebab, pada saat musim kemarau seperti ini, tanah akan menjadi keras dan menekan pipa aliran air yang ada didalam, sehingga mengakibatkan kebocoran. 
 
“Posisi galian pipa di pinggir jalan, sehingga mudah sekali terkena tekanan dari kendaraan yang lewat  dan mengakibatkan pipa bocor.  Hal semacam ini sudah sering terjadi, terutama pada saat musim kemarau," jelasnya.

Kebocoran tersebut diperkirakan terjadi pukul 11.25 wib dan warga yang mengetahui kejadian tersebut melapor pihak PDAM.  Warga takut karena air keluar dengan keras dan menggenangi jalan. 
 
Dia menambahkan, di lokasi yang sama, ada dua sambungan pipa yang semuanya mengarah ke kecamatan Juwana. Sedangkan untuk sumurnya sendiri berada di tida desa, yakni desa Trangkil, Ketanen dan Suwaduk.  
 
“Ada dua pipa, yang satu berukuran 8 inci dan yang satu lagi berukuran 10 inci. Ini kami belum tahu yang berapa inci yang mengalami kebocoran,” tambahnya. 
 
Lebih lanjut, untuk pipa yang berukuran 8 inci, air yang mengalir perdetiknya adalah 30 liter. Sedangkan yang berukuran 10 inci mencapai 40-45 liter perdetik air yang mengalir. Semua itu adalah untuk kebutuhan air bersih di Wilayah Kecamatan Juwana. 
 
“Karena mengalami kebocoran, sambungan kami tutup terlebih dahulu. Saat ini tim kami juga sudah mulai memperbaiki pipa yang bocor itu. Selesai paling lama dua hari perbaikan, karena kedalamanan penimbunan pipa mencapai dua meter,” terangnya.  
 
Kendati demikian, bagi masyarakat yang berada di kecamatan Juwana juga tidak perlu hawatir akan ketersediaan air bersih. Sebab, ada tiga titik pompa air yang mengarah ke Juwana, yakni di Desa Soneyan Kecamatan Margoyoso dan dari Sugiharjo. 
 
“Jadi, ini hanya ada satu sambungan yang kami matikan. Sementara dua yang lainnya masih tetap beroperasi,” tutupnya.
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar