Anggota Komisi D DPRD Jateng Kartina Sukawati : Konflik Sosial Tanggung Jawab Bersama

(Jateng Headline - PATI) Anggota Komisi D DPRD Provinsi Jawa Tengah Kartina Sukawati menyatakan bahwa  penyelesaian konflik akan mempengaruhi tatanan sosial dan masyarakat.  Oleh karena itu perlu adanya kerjasama antara pemerintah dengan masyarakat.

Hal itu diungkapkan Kartina Sukawati saat menyampaikan materi dalam diskusi bertema Peningkatan Kapasitas Masyarakat Sipil Dalam Penyelesaian Konflik Sosial, di Ruang Pragola Setda Pati, Jumat (29/20/2021). 

 

Anggota Komisi D DPRD Jateng Kartina Sukawati saat menyampaikan materi saat diskusi di Ruang Pragola Setda Pati, Jumat (29/20/2021).


“Penyelesaian konflik sosial merupakan kewajiban dan tanggung jawab bersama pemerintah pusat, daerah dan masyarakat. Tentunya dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia,” jelasnya.
 
Selanjutnya menurut Kartika Sukawati bahwa permasalahan politik, ekonomi dan sosial budaya seringkali menjadi sumber konflik yang bisa terjadi di tengah masyarakat. Termasuk diantaranya perseteruan antar umat beragama, suku dan etnis. 
 
"Jika ini dibiarkan, maka perpecahan akan terjadi. Selain itu,  sengketa batas wilayah, sumber daya alam, tawuran antar desa merupakan contoh konflik yang sering terjadi di daerah," katanya.
 
Untuk mengantisipasi dan mengatasi hal tersebut, perlu ada manajemen konflik yang mana tertuang dalam Pasal 4 Undang Undang Nomor 7/2012 tentang penanganan konflik sosial.  Mulai dari pencegahan, penghentian sampai pemulihan pasca konflik. 
 
"Dengan UU tersebut maka bisa kita terapkan untuk langkah antisipasi ataupun meminimalisir terjadinya konflik,” tambah Kartina Sukawati.
  
Di akhir paparannya, Kartina Sukawati menegaskan jika pencegahan konflik ini merupakan salah satu upaya pemerintah melindungi Indonesia agar stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat utuh. (SWN)
  

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar