Bupati Pati : Adanya Kader Pengawas Maka Demokrasi Jadi Lebih Baik

(Jateng Headline - PATI) Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melaksanakan Sekolah Kader Pengawas Partisipatif  (SKPP) Tingkat Dasar, selama tiga hari di Muria Ballroom The Safin Hotel Pati, Rabu (6/10/2021). 

Kegiatan yang berlangsung mulai 6 hingga 8 Oktober ini, dibuka secara langsung oleh Ketua Bawaslu Jawa Tengah M Fajar Saka. 
 
 
Bupati Haryanto saat menghadiri SKPP yang diselenggarakan oleh Bawaslu RI di Hotel Safin, Rabu (6/10/2021)

 
 
Bupati Pati Haryanto yang hadir dalam kegiatan tersebut menyambut baik dan memberikan apresiasi pada sekolah kader yang diikuti 85 peserta dari Pati dan Jepara.

"Meskipun tahun politik masih lama pada 2024 nanti, namun  kader partisipatif dari kalangan masyarakat memang harus dipersiapkan," katanya. 

Menurut Haryanto, adanya partisipasi pengawasan dari masyarakat maka penyelenggaraan demokrasi akan berjalan secara fair.

"Namun di tengah pandemi ini saya berharap semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan SKPP ini tetap menjalani protokol kesehatan," tandasnya.

Sementara, Ketua Bawaslu Jateng M Fajar Saka menegaskan, semua pihak yang terlibat kegiatan ini semua sudah dites swab dan hasilnya negatif Covid-19.

Fajar juga mengatakan, berdasarkan undang-undang meski Pemilu memang masih lama,  Bawaslu punya kewajiban untuk mempersiapkan sebaik-baiknya. 

"Integritas demokrasi tidak bisa terwujud kalau hanya dibebankan pada penyelenggara Pemilu. Misal Bawaslu dan KPU sudah baik, namun disisi pemilih yang masih ada paraktek pasang tarif," terangnya. 

Fajar berharap dengan sekolah kader ini bisa melahirkan kader pengawas pemilu melalui SKPP, yang  merupakan tujuan jangka panjang. 

"Semua peserta akan jadi bagian dari 106 titik SKPP di seluruh Indonesia. Di sini ada 85 orang dan titik lain juga sama, maka akan ada ribuan orang punya semangat baik," pungkasnya.(IST)


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar