Kabupaten Pati Kembangkan Kawasan Industri Hasil Tembakau

(Jateng Headline - PATI) Kabupaten Pati Jawa Tengah berencana mengembangkan Kawasan Industri Hasil Tembakau (KIHT) untuk meningkatkan produktivitas daerah. Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto saat Sosialisasi Pengembangan KIHT di Hotel Pati, Selasa (12/10/2021).

 

Bupati Haryanto saat Sosialisasi Pengembangan Kawasan Indsutri Hasil Tembakau (KIHT) di Hotel Pati, Selasa (12/10/2021).


Selain Bupati, kegiatan ini juga dihadiri perwakilan dari bea cukai, biro perekonomian Setda Provinsi Jawa Tengah, OPD terkait, Camat dan Kepala Desa terkait. 

"Produktivitas ini dapat terwujud dengan pemanfaatan lahan khususnya untuk industri tembakau yang ada di Kabupaten Pati," kata Bupati Pati Haryanto.

Menurut Haryanto, ada beberapa daerah yang merupakan penghasil tembakau seperti di Kecamatan  Batangan, Kuniran, Jaken, Sukolilo, dan Pucakwangi. 

"Tembakau ternyata  sangat menjanjikan karena bisa panen 9 kali dalam setahun dan tahan terhadap hama," terangnya. 

Ditambahkan oleh Haryanto jika dari tahun ke tahun,  Pemkab Pati mendapatkan bagi hasil dari dana cukai. Di tahun 2018 hingga  2019 nilainya kecil, tapi di tahun 2020-2021  mengalami peningkatan. 
Karena saat pandemi Covid-19, dana cukai diarahkan untuk tiga penggunaan, yakni di bidang kesehatan senilai Rp 3 Milyar, bidang kesejahteraan masyarakat sekitar Rp 6 Milyar, bidang penegakan hukum yang mendapat alokasi sebesar Rp 2 milyar.

Penggunaan Pemantauan dan Evaluasi Dana Bagi Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT), dapat digunakan untuk peningkatan kualitas bahan baku, pembinaan industri, pembinaan lingkungan sosial, sosialisasi ketentuan di bidang cukai, dan pemberantasan barang kena cukai ilegal.

"Penggunaannya bahkan diprioritaskan untuk mendukung program Jaminan Kesehatan Nasional paling sedikit 50% dari alokasi DBHCHT yang diterima setiap daerah," jelasnya.

"Wilayah yang memungkinkan, tentu bisa dikembangkan sebagai industri supaya para petani bisa terlindungi. Jika semua terprogram dan dikelola dengan baik tentu pendapatannya jadi baik," ujarnya.  (IST)


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar