Kartina Sukawati Soroti Pergeseran Paradigma dan Perilaku Masyarakat

(Jateng Headline - PATI) Anggota Komisi D DPRD Jawa Tengah Kartina Sukawati menyoroti adanya pergeseran paradigma dan perilaku masyarakat dalam pembangunan ekonomi.   Termasuk peran daerah dalam memanfaatkan potensinya. Hal itu diungkapkan dalam kegiatan bersama Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang melibatkan Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Pati di ruang pertemuan Pragola Sekda Pati, Selasa (19/10/2021).

 

Anggota Komisi D DPRD Jateng Kartina Sukawati saat menyampaikan paparan dalam kegiatan bersama OPD di ruang Pragola Sekda Pati, Selasa (19/10/2021).

 

Untuk itu sejumlah kebijakan telah dirumuskan pemerintah dalam menjaga dan meningkatkan perekonomian agar tetap kokoh dan kuat,  dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang ada.

Ketahanan ekonomi, sosial dan budaya perlu lebih dimantapkan sebagai upaya untuk memperkuat integritas daerah. Terlebih di masa pandemi sekarang ini, dimana perekonomian semakin terpuruk.

“Pergeseran paradigma dan perilaku masyarakat menjadi isu utama pembangunan ekonomi. Contohnya, pedagang atau jualan yang tadinya secara tradisional dan konvensional sekarang dituntut melek teknologi. Bagaimana agar mereka ini bisa bertahan, kita dituntut harus adaptif, kratif dan inovatif,” paparnya  

Politisi Partai Demokrat ini juga mencontohkan lain yaitiu ojek pangkalan yang sekarang mulai bergeser menjadi ojek online, tentunya dengan memanfaatkan teknologi daring. Ide bisnisnya tidak baru, namun nilai yang ditawarkan baru.
 
“Model bisnisnya berubah sehingga tidak hanya sekedar online saja namun juga berimbas pada hasilnya, biaya bisa lebih efisien dan revenue bisa ditingkatkan karena digital,” terangnya.
 
Kegiatan yang diikuti sejumlah organisasi massa di Kabupaten Pati tersebut dilaksanakan terbatas hanya 50 peserta mengingat masih dalam kondisi pandemi.
 
Kepala Badan Kesbangpol Pati Sugiyono didapuk sebagai moderator,  juga menghadirkan dua anggota DPRD Jateng lainnya yaitu Wakil Komisi E Abdul Aziz. Politisi dari Partai Persatuan Pembangunan ini menyampaikan materi Gotong royong Pulihkan Ekonomi Jawa Tengah. 
 
Sedangkan Anggota Komisi C DPRD Jateng, Supriyanto memaparkan materi Strategi Pembangunan UMKM Sejalan Peningkatan Daya Tarik Masyarakat Guna Ketahanan Ekonomi, Sosial dan Budaya. (SWN)
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar