PATIKAB CSIRT Diharapkan Bisa Antisipasi Kejahatan Siber di Pati

(Jateng Headline - PATI) Pemerintah Kabupaten Pati kini sudah mempunyai pengamanan kejahatan siber sistem jaringan teknologi.  Dengan demikian maka diharapkan kejahatan siber di Pati bisa dicegah. 

Sistem pengamanan kejahatan siber tersebut disebut dengan PATIKAB Computer Security Insident Response Team (CSIRT).  Launchingnya sendiri dilaksanakan di Pendopo Kabupaten Pati yang dilakukan Bupati Pati Haryanto bersama  Badan Siber Sandi Negara ( BSSN RI ) Kabupaten Pati, Rabu (6/10/2021).



Acara launching PATIKAB CSIRT ini sendiri juga dihadiri Direktur Keamanan Siber dan Sandi Pemerintah Daerah Deputi 3 BSSN RI Hasto Prastowo, Kepala Dinas Kominfo Jateng Riena Retnaningrum dan Kadis Kominfo Pati Indriyanto melalui virtual zoom.

"Launching PATIKAB CSIRT ini, merupakan upaya membentuk tim organisasi atau tim reaksi cepat dalam bidang pengamanan siber," kata Bupati Pati Haryanto.

Tim ini dibentuk dengan melibatkan unsur Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Karena OPD pasti sering terkena gangguan kejahatan siber.
 
"Contohnya saja di Disdukcapil, yang banyak menggunakan teknologi informasi khususnya pelayanan online.  Perijinan melalui Mal Pelayanan Publik juga sangat rawan," tambahnya.

Bupati Pati berharap adanya PATIKAB CSIRT ini bisa menyelesaikan gangguan atau adanya pencurian data baik pribadi ataupun  pemerintah. Haryanto juga berharap agar PATIKAB CSIRT selalu mendapat arahan dari BSSN terkait penyimpanan data agar tetap aman dan terjaga.
 
"Kami bersyukur,  karena dari 35 kabupaten/kota di Jateng, Kabupaten Pati direstui BSSN dan sekaligus sudah membentuk PATIKAB CSIRT," jelasnya.

Bupati Haryanto juga mengapresiasi upaya keseriusan pemerintah dalam menangani pengamanan siber, sehingga nantinya tim PATIKAB CSIRT ini nantinya bisa bekerja maksimal di Kabupaten Pati. (IST)


 

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar