Terkendala Suplai Vaksin, Capaian Vaksinasi di Pati Baru 29 Persen

(Jateng Headline - PATI) Hingga awal Oktober 2021 target percepatan vaksinasi di Kabupaten Pati Jawa Tengah, masih belum sesuai dengan harapan. Percepatan vaksinasi di Pati baru mencapai 29 persen, hal itu dikarenakan adanya kendala suplai vaksin yang terbatas.

Dari jumlah penduduk Pati yang mencapai 1,4 juta, capaian vaksinasi terhitung masih kecil.  Untuk mencapai 50 persen saja masih kurang 21 persen. Hal itu diungkapkan Bupati Pati Haryanto usai menghadiri rapat paripurna di Gedung DPRD Pati, Selasa (5/10/2021). 

 

Bupati Pati Haryanto saat memberikan keterangan di Kantor DPRD Pati, Selasa (5/10/2021)

 

"Capian vaksinasi di Pati baru mencapai sekitar 29 persen, kendalanya karena suplai vaksin yang didapatkan Pati tidak begitu banyak," terangnya pada sejumlah media.

Bupati Haryanto membandingkan dengan daerah lain yang prosentasenya cepat naik, itu karenakan jumlah penduduknya yang kecil. Sementara jumlah penduduk Pati termasuk besar.
 
Bupati Pati juga menegaskan,"Besaran suplai vaksin untuk daerah dengan jumlah penduduk kecil sama dengan daerah yang penduduknya besar.  Percepatan vaksinasi akan kita genjot pun akhirnya tidak bisa," tandasnya.

Haryanto bahkan berharap suplai vaksin untuk Pati bisa secepatnya tercukupi.  Jika tidak, maka yang terjadi adalah mandeknya percepatan vaksinasi dan ketinggalan dengan daerah lain yang jumlah penduduknya lebioh kecil. 

"Mau gimana lagi, petugas vaksinator di Pati cukup memadai sebanyak 60 tim dan ditambah dengan relawan. Namun suplai vaksin yang kurang membuat capaian vaksinasi tetap tidak sesuai harapan," imbunya.
 
Sementara sesuai Instruksi Mendagri (Inmendagri) nomor 47 tahun 2021 yang mengatur PPKM Jawa-Bali mulai 5 hingga 18 Oktober 2021, status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Pati kembali ke level 3 dari yang semula berada di level 2.
 
Perubahan level ini tidak terkait jumlah kasus Covid-19 aktif, melainkan karena distribusi vaksin oleh pemerintah pusat. Untuk Pati, vaksin dari pusat belum mencapai 50 persen dari jumlah penduduk, oleh karena itu Pati menjadi level 3 lagi. (IST)
 


 



Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar