Kartina Sukawati Berikan Bantuan PLTS Rooftop pada Ponpes Al Aziziyah Kuryokalangan

(Jateng Headline - PATI) Untuk mendukung penggunaan energi ramah lingkungan di Kabupaten Pati Jawa Tengah khususnya pondok pesantren, anggota DPRD Jateng Kartina Sukawati memberikan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Rooftop.

Pemberian bantuan PLTS Rooftop ini merupakan kerjasama dengan Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Energi dan Sumberdaya Mineral pada anggaran 2021.  

 

Anggota DPRD Jateng Kartina Sukawati saat menyerahkan PLTS Rooftop pada Pengasuh Ponpes Al Aziziyah Desa Kuryokalangan Gabus, Jumat (31/12/2021).

 

"Kami sangat mendukung adanya penghematan biaya untuk penggunaan energi khususnya untuk ponpes.  Sehinga nantinya bantuan ini bisa bermanfaat dan biaya penghematan energi bisa dipergunakan untuk lainnya," terang Kartina Sukawati saat menyerahkan bantuan PLTS Rooftop, Jumat (31/12/2021).

Salah satu ponpes yang memperoleh bantuan PLTS Rofftop adalah Pondok Pesantren Al Aziziyah Desa Kuryokalangan Kecamatan Gabus.

"Kapasitas tenaga PLTS ini bisa mencapai 3000 watt  dan jika cuaca mendukung maka bisa menghemat biaya hingga 70 persen jika dibanding dengan menggunakan listrik PLN," jelasnya.

Dan jika musim hujan karena matahari jarang muncul maka bisa menekan biaya sebesar 40 persen dari biaya yang dikeluarkan. 

Dengan bantuan PLTS Rooftop ini diharapkan bisa menambah kapasitas energi untuk ponpes dan menekan biaya energi untuk penerangan maupun lainnya.

Sementara Pengasuh Ponpes Al Aziziyah Syafi Ahmad menyampaikan rasa terima kasihnya pada Kartina Sukawati yang telah memberikan bantuan PLTS Rooftop ini.

 


 

"Kami sangat berterima kasih dengan bantuan PLTS ini, karena setelah kami gunakan bisa menghemat biaya.  Karena jika menggantungkan PLN maka biaya sangat tinggi," ujarnya.

Syafi Ahmad menambahkan dengan menggunakan PLTS pihaknya bisa berhemat biaya lumayan besar saat musim kemarau, namun jika musim hujan hanya 40 persen saja. (SWN)

 


 

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar