Kartina Sukawati Berharap Bendung Sentul Ada Pemeliharaan

(Jateng Headline - PATI) Anggota DPRD Jawa Tengah Kartina Sukawati bersama dengan Balai Pengelolaan Sumberdaya Air Serang Lusi Juana Dinas Pekerjaan Umum Sumberdaya Air dan Penataan Ruang Provinsi Jawa Tengah melakukan Sosialiasi Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi DI. Sentul di Balaidesa Sembaturagung Kecamatan Jakenan Kabupaten Pati, Rabu (16/3/2022).

Sosialisasi ini dimaksudkan untuk mempertahankan kondisi jaringan irigasi yang dilaksanakan secara terus menerus tanpa ada bagian kontruksi yang diubah atau diganti. Daerah irigasi Sentul ini berada di Desa Tegalwero Kecamatan Pucakwangi.

 

Anggota DPRD Jateng Kartina Sukawati ketika mensosialisasikan Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Jaringan Irigasi DI. Sentul di Balaidesa Sembaturagung, Rabu (16/3/2022).


"Bendung Sentul ini bisa mengairi sawah seluas 1536 hektar di 9 desa di kecamatan Pucakwangi dan Jakenan," ungkapKartina Sukawati usai memberikan sosialisasi.

Sembilan desa tersebut adalah Tegalwero di Kecamatan Pucakwangi dan Jatisari, Sidomulyo, Tanjungsari, Dukuhmulyo Bringin, Puluhan Tengah, Sembaturagung, Karangrejo Lor dan Mantingan Tengah di Kecamatan Jakenan.

"Oleh karena itu bendung Sentul ini harus ada pemeliharaan yang sifatnya perawatan dan perbaikan ringan jika memang ditemukan adanya kerusakan," tambahnya. 

Namun demikian, menurut Kartina Sukawati bahwa Bendung Sentul ini ada kendala yang harus dicarikan solusi ketika musim kemarau.  Pada saat musim tanam kedua biasanya debit air di bendung Sentul menurun sehingga tidak mencukupi untuk area layanan.

"Selain itu ada kendala anggaran operasional pemeliharaan yang tidak signifikan dibandingkan dengan jumlah kebutuhan kendala pemeliharaan di lapangan," tandasnya.

Untuk itu di tahun 2022 ini telah dianggarkan untuk pekerjaan pemeliharaan jaringan irigasi pada saluran sekunder batur dan perbaikan pasangan saluran sekunder Bringin. (SWN)

 

Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar