Manfaatkan Limbah, KKN UPGRIS Ajak Warga Kalibening Peduli Lingkungan Dengan Urban Farming

(Jateng Headline - SALATIGA) Mahasiswa Universitas PGRI Semarang (UPGRIS) melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2024.

Salah satunya KKN di Kelurahan Kalibening Kecamatan Tingkir Kota Salatiga, yang merupakan kelompok 92.


Mahasiswa KKN UPGRIS kelompok 92 mengajak warga Kelurahan Kalibening memanfaatkan barang bekas dalam penanaman Toga 


Bersama dengan PKK desa setempat, melakukan penanaman Toga (Tanaman Obat Keluarga). Hal itu dilakukan untuk menjaga lingkungan sekitar rumah. 

Kegiatan tersebut difokuskan di RW 2 dengan mengajak ibu-ibu untuk menanam tanaman obat.

"Kelompok 92 berinisiatif  meningkatkan kesadaran lingkungan dan keberlanjutan lokal. Berkolaborasi dengan PKK melakukan penanaman tanaman obat dalam kerangka urban farming," ungkap ketua kelompok 92 KKN UPGRIS Hestu Dwiyan Bagaskoro, Minggu (3/3/2024).

Lebih lanjut menurut Hestu,  langkah itu bukan hanya menghasilkan tanaman obat yang berguna bagi kesehatan keluarga, tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan kesadaran akan pentingnya pertanian perkotaan.

"Dengan memanfaatkan limbah bekas galon air mineral.  Kemudian dibersihkan dan diberikan finsihing dengan cat agar terlihat lebih menarik," tambahnya.

Urban farming menjadi pilihan yang tepat, karena tidak hanya memberikan manfaat langsung dalam menyediakan tanaman obat bagi keluarga.  Tetapi juga berkontribusi pada peningkatan kesadaran lingkungan. 

"Melalui kegiatan ini, masyarakat belajar untuk memanfaatkan lahan yang tersedia di lingkungan perkotaan untuk kebutuhan pertanian," terangnya.

Hestu juga menambahkan, selain meningkatkan kesadaran lingkungan, tetapi juga memperkuat hubungan sosial dan memberikan kontribusi konkret dalam menjaga keberlanjutan lingkungan.

Kegiatan yang digagas oleh mahasiswa KKN UPGRIS kelompok 92 inipun mendapat apresiasi dari warga Kelurahan Kalibening.



“Kami sangat mengapresiasi  penanaman tanaman obat keluarga yang digagas mahasiswa KKN. Semoga setelah kegiatan ini dapat memberikan dampak yang positif dan berkelanjutan bagi lingkungan serta kesejahteraan masyarakat," ungkap anggota PKK Kelurahan Kalibening, Kiki usai kegiatan tersebut.

Menurut Kiki, kolaborasi antara mahasiswa dan masyarakat lokal merupakan langkah yang sangat penting dalam menjaga keberlanjutan lingkungan dan memperkuat ikatan sosial.

"Kami berharap kerjasama ini dapat terus berlanjut dan menjadi inspirasi bagi inisiatif lainnya di masa yang akan datang. Terima kasih atas kontribusi yang telah diberikan," tandasnya. (HP)


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar