Tempat Wisata di Pati Banyak yang Tidak Terurus

(Jateng Headline - PATI) Tempat wisata di Kabupaten Pati Jawa Tengah, ternyata banyak yang mangkrak dan tidak terurus.

Dari pantauan di lapangan, tempat wisata yang merana mayoritas berada di Pegunungan Kendeng Utara di Kecamatan Sukolilo dan Kayen.


Tempat wisata Lorodan Semar di Desa Sumbersari Kecamatan Kayen kini tidak terurus


Sangat disayangkan tentunya, karena tempat wisata tersebut pernah viral dan menjadi primadona kunjungan wisatawan lokal.

"Memang sejak pandemi Covid 19, tempat wisata banyak yang tutup karena tidak dibolehkan ada aktivitas. Terpaksa pelaku wisata harus tutup," terang Krisno, Ketua Kelompok Sadar Wisata ( Pokdarwis) Kabupaten Pati, Minggu (2/6/2024).

Terhitung tempat wisata yang tutup hingga kini, menurut Krisno yaitu air terjun Tadah Udan Sukolilo, Bukit Pandang Ki Santa Mulya Desa Durensawit Kayen, air terjun Lorodan Semar Desa Sumbersari Kayen, dan masih banyak lainnya.

"Sangat berat untuk bisa membangkitkan kembali, tempat wisata yang sudah tutup ini. Perlu adanya dukungan dari dinas terkait," ungkapnya.

Diakui Krisno, bahwa tempat wisata yang tutup adalah rata-rata wisata mandiri yang dikelola secara swadaya oleh masyarakat. 

"Untuk bangkit lagi, tentu butuh waktu dan dukungan dari pemerintah maupun masyarakat yang peduli dengan wisata di Pati," ujarnya.

Saat ini, memang sudah ada yang mulai bangkit kembali. Salah satunya menurut Krisno, adalah Tempat Wisata Hutan Pinus Gunungsari Kecamatan Tlogowungu.

"Dukungan dari pemerintah baik dari desa memang sangat diperlukan dan terbukti bisa bangkit kembali," tandasnya. 
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar