Cara Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

(Jateng Headline - TIPS) Menjaga kesehatan gigi dan mulut sangatlah penting.  Apalagi jika kita sering berkomunikasi dengan banyak orang. 

Dengan menjaga kesehatan gigi dan mulut, bisa meningkatkan rasa percaya diri dan terhindar dari penyakit.



Jika terkena sakit gigi, tentu sangat mengganggu aktivitas karena harus menahan rasa nyeri dan ngilu.

Kerusakan gigi, seperti karies gigi atau infeksi jamur yang menyebabkan sariawan dan radang tenggorokan, merupakan salah satu gangguan kesehatan gigi dan mulut.

Apalagi, jika terjadi infeksi dan peradangan pada gusi hingga membengkak dan pendarahan, sangat membuat tidak nyaman.

Bau mulut bisa terjadi karena akumulasi bakteri dalam mulut atau refluks lambung. Parahnya lagi, gangguan kesehatan gigi dan mulut bisa menyebabkan kanker mulut yang harus diwaspadai.

Berikut ini, cara untuk  mencegah gangguan kesehatan gigi dan mulut : 

1. Sikat gigi secara teratur

Menyikat gigi secara teratur, minimal dua kali sehari dengan pasta gigi. Dan jangan lupa, juga membersihkan lidah untuk mengurangi bakteri dan plak.

2. Konsumsi makanan dan minuman yang sehat

Konsumsi makanan dan minuman sehat yang kaya nutrisi untuk kesehatan gigi dan gusi. Membatasi makanan dan minuman asam, manis, dan lengket karena bisa merusak gigi.

3. Periksa ke dokter gigi secara berkala

Secara berkala periksa ke dokter gigi untuk mendeteksi masalah kesehatan gigi dan mulut secara dini dan mencegah perkembangan penyakit.

4. Hindari kebiasaan merokok

Mengurangi kebiasaan merokok dan hindari gaya hidup tidak sehat. Jika kesulitan berhenti merokok, maka dapat beralih ke produk tembakau alternatif yang memiliki profil risiko yang lebih rendah ketimbang rokok yang dibakar.


Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar