Pepes Otak Kepala Kambing Gurihnya Nagih

(Jateng Headline  - PATI) Masyarakat Jawa tentu sangat lekat dengan makanan tradisional yang disebut dengan pepes.

Pepes biasanya terbuat dari ikan laut ataupun air tawar, dengan parutan kelapa yang dibungkus dengan daun pisang.

Namun di Kabupaten Pati Jawa Tengah, ada pepes yang terbuat bukan dari ikan tetapi dari otak  kepala kambing.

Olahan kambing yang umum  adalah sate, gule, tong seng dan lainnya.  Namun jika dibuat pepes, maka itu adalah satu-satunya di Pati.



Warung yang menyediakan pepes otak kepala kambing yaitu Omah Sate Gule Pak Taman di Desa Gabus Kecamatan Gabus Pati. Warung legendaris yang mulai buka sejak 1950.

Menurut istri Pak Taman, resep pepes otak kepala kambing sebenarnya susah lama. Tetapi biasanya dikonsumsi untuk keluarga sendiri.

"Sebenarnya sudah lama, tapi biasanya untuk dimakan sendiri. Kemudian kami mencoba untuk dijual," terang Bu Taman.

Masyarakat terbiasa dengan sate dan gule, ataupun tong seng daging atau kepala kambing, menurut Bu Taman. 

"Ada tiga pilihan pepes otak kepala kambing ini, yaitu dikukus, dibakar atau pang gang dan digoreng. Tinggal pilih yang mana," tambahnya.

Bu Taman juga menyebut jika harga satu pepes, sangat terjangkau.  Satu pepes otak kepala kambing cukup Rp. 10.000,- atau bisa disesuaikan dengan permintaan ukuran kecil atau besar. 

Sementara, salah satu pelanggan Suyadi mengungkapkan jika pepes otak kepala kambing sangat gurih dan lembut di mulut. 

Suyadi bahkan berlangganan di Omah Sate Gule Pak Taman sejak dirinya masih muda, dan ternyata mengetahui ada menu baru yaitu pepes otak kepala kambing.

"Saya baru mencoba pepes otak kepala kambing ini, kalau pepes ikan sudah biasa. Dan ternyata rasa otak kepala kambing sangat enak dan gurih," ujarnya.



Menurut Suyadi, dirinya tidak menyangka jika otak kepala kambing juga bisa dipepes seperti ikan.

Untuk membuat pepes otak kepala kambing inipun terhitung sangat mudah dan cepat.  Bahan yang harus disediakan yaitu otak kepala kambing, bawang merah dan putih, telur dan garam, serta daun pisang.

Semua bahan dicampur dan aduk hingga merata, kemudian dibungkus dengan daun pisang.  Tinggal pilih mau dikukus, dibakar atau dipanggang ataupun bisa digoreng.

Bagaimana, anda tertarik mencicipi pepes otak kepala kambing ini.  Anda bisa ke Desa Gabus di Omah Sate Gule Pak Taman timur kantor Polsek Gabus. (HP)







Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar