Upacara HUT Kemerdekaan ke 79 RI di Dalam Gua Pancur

(Jateng Headline - PATI) Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke 79 Republik Indonesa dilakukan berbagai cara oleh masyarakat. 

Salah satunya, dengan upacara secara sederhana di dalam perut bumi atau gua di Desa Jimbaran Kecamatan Kayen Kabupaten Pati Jawa Tengah.



Upacara di dalam gua Pancur ini, diinisiasi kelompok pecinta alam yang tergabung dalam Journalist Adventure Pati bersama warga setempat.

"Biasanya kan dilakukan di alam terbuka seperti lapangan atau alun-alun. Kami ingin yang berbeda dan pilihannya di dalam gua Pancur," ujar Heri Koordinator Journalist Adventure Pati.

Selain itu, juga mencoba mengangkat potensi wisata alam di Pati dengan upacara HUT Kemerdekaan RI.

"Ternyata upacaranya lebih hikmad dan hening. Walaupun perjuangan untuk masuk ke dalam gua sangat sulit karena berjalan di dalam air," tambahnya.

Gua Pancur sendiri memang gua yang berair dengan kedalaman mencapai 100 meter. Sedangkan panjang gua hampir mencapai 1 kilometer.

Tokoh masyarakat Desa Jimbaran Suyitno mengapresiasi upacara HUT Kemerdekaan RI di gua Pancur ini.

"Sebelumnya belum pernah ada yang melakukan upacara di dalam gua. Ini pertama kali dan sangat hikmad," ucapnya.

Suyitno berharap dengan usia yang ke 79, Indonesia semakin maju dan masyarakatnya bisa makin makmur. (HP)
Share on Google Plus

About pati streaming

This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.

0 komentar:

Posting Komentar